Competing with Information Technology
- Setiap jenis sistem informasi menggunakan TI untuk membantu organisasi dengan kelebihan:
- Mendapatkan
keuntungan kompetitif.
- Mengurangi kerugian kompetitif.
- Atau memenuhi tujuan strategis perusahaan lainnya.
Competitive Force
Dalam berbisnis pasti akan ada persaingan.Yang dibutuhkan bukan hanya kekuatan tapi juga strategi.
- Mengurangi kerugian kompetitif.
- Atau memenuhi tujuan strategis perusahaan lainnya.
Competitive Force
Dalam berbisnis pasti akan ada persaingan.Yang dibutuhkan bukan hanya kekuatan tapi juga strategi.
Contoh,
Priceline menggunakan penawaran penjual online sehingga pembeli
menetapkan harga.
Diferensiasi Strategi:
Diferensiasi Strategi:
Contoh,
Wal-Mart menggunakan barang pemesanan melalui pelacakan satelit
global
Aliansi Strategi:
Menetapkan hubungan dan aliansi dengan:
Pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan dan perusahaan lain.Termasuk merger, akuisisi, usaha patungan, perusahaan virtual
Contoh, Wal-Mart menggunakan pengisian persediaan otomatis oleh pemasok
Strategi kompetitifyang lain:
Aliansi Strategi:
Menetapkan hubungan dan aliansi dengan:
Pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan dan perusahaan lain.Termasuk merger, akuisisi, usaha patungan, perusahaan virtual
Contoh, Wal-Mart menggunakan pengisian persediaan otomatis oleh pemasok
Strategi kompetitifyang lain:
Sertakan komponen IT dalam produk:
Membuat mengganti produk bersaing lebih sulit
Meningkatkan investasi di IT: Mengembangkan produk baru atau jasa tidak mungkin tanpa TI.
Berfokus pada pelanggan bisnis:
Apa nilai bisnis yang berfokus pada pelanggan?
Fokus pada penilaian pelanggan:
Kualitas menjadi penentu utama nilai,bukan harga.
Bagaimana kita bisa memberikan nilai pelanggan?
Rantai Nilai Lihat perusahaan sebagai rangkaian kegiatan dasar yang menambah nilai produk dan jasa.
Kegiatan yang baik:
Gunakan
rantai nilai untuk menyorot mana strategi kompetitif terbaik dapat
diterapkan untuk menambah nilai yang terbaik.
Bisnis Proses Reengineering
1.Disebut BPR atau Reengineering:
Bisnis Proses Reengineering
1.Disebut BPR atau Reengineering:
Sebuah
perusahaan menciptakan pengetahuan membuat pengetahuan tacit tersebut
kepada orang lain.
Pengetahuan Sistem Manajemen (KMS)
Pengetahuan Sistem Manajemen (KMS)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar