Minggu, 02 Juni 2013

pertemuan ke 3

Menghitung pra-komputer


  • Mengandalkan jari tangan dan kaki
  • Abacus: memanipulasi batu atau manik-manik untuk menghitung
  • Kata menghitung berasal dari kalkulus, kata Latin untuk batu kecil
  • Pertama mesin menambahkan mekanik
  • Diciptakan oleh Blaise Pascal pada 1642
  • Roda untuk memindahkan counter
  • Mesin di era industrialisasi
  • Tenun mekanik dengan kartu meninju dengan lubang

Komputasi awal

  • Charles Babbage dan Analytical Engine
  • Abad ke-19
  • Mesin yang dihitung, nilai-nilai yang tersimpan dalam memori dan melakukan perbandingan logis
  • Mekanik daripada elektronik
  • Herman Hollerith dan sensus 1890
  • Kartu menekan untuk merekam data sensus
  • Kartu membaca dalam mesin tabulasi
  • Perusahaan Hollerith pergi ke menjadi IBM (Internasional Bussiness marketing)

Komputer elektronik

  • Komputer elektronik dan digital pertama - ENIAC
  • 1946
  • Programmable
  • 5000 kalkulasi per detik
  • Digunakan tabung vakum
  • Komputer generasi pertama
  • Kekurangan: ukuran dan hanya bisa melakukan satu program pada satu waktu

Gelombang berikutnya dari komputasi

  • Generasi kedua, akhir 1950-an
  • Transistor menggantikan tabung vakum
  • 200.000 sampai 250.000 kalkulasi per detik
  • Generasi ketiga, pertengahan 1960-an
  • Terpadu sirkuit, miniaturisasi
  • Generasi keempat, 1971
  • Miniaturisasi lebih lanjut dari sirkuit
  • Multiprogramming dan penyimpanan virtual
  • Kelima generasi, 1980
  • Jutaan kalkulasi per detik

Microcomputers

  • 1975, Altair, menjentikkan switch
  • 1977, Commodore dan Radio Shack memproduksi komputer pribadi
  • 1979, komputer Apple, penjualan PC tercepat sejauh
  • 1982, IBM memperkenalkan PC yang mengubah pasar

Sistem MikrokomputerPersonal Computer (PC) - mikrokomputer untuk digunakan oleh seorang individuDesktop - fit pada meja kantorLaptop - kecil, portabel PCWorkstation - kuat, jaringan PC untuk profesional bisnisNetwork Server - mikrokomputer lebih kuat yang mengkoordinasikan telekomunikasi dan berbagi sumber daya dalam jaringan kecilTerminalPerangkat yang memungkinkan akses ke jaringan

  1. Terminal bodoh - keyboard dan monitor video dengan proses yang terbatas
  2. Terminal cerdas - PC jaringan dimodifikasi atau jaringan komputer
  3. Terminal jaringan atau komputer
  4. Terminal jendela tergantung pada server jaringan untuk perangkat lunak, pengolahan dan penyimpanan
  5. Terminal internet tergantung ke Internet atau Intranet untuk sistem operasi dan perangkat lunak

Sistem Komputer Mainframe

  • Besar, cepat sistem komputer yang kuat
  • Kapasitas penyimpanan utama yang besar
  • Pemrosesan transaksi yang tinggi
  • Perhitungan yang kompleks

Dapat digunakan sebagai SuperServers untuk perusahaan besar

Sistem Supercomputer

  • Sistem yang sangat kuat
  • Ilmiah, teknik dan aplikasi bisnis pada kecepatan yang sangat tinggi
  • Global peramalan cuaca, pertahanan militer
  • Pemrosesan paralel dengan ribuan mikroprosesor
  • Miliaran operasi per detik
  • Jutaan dolar

Minisupercomputers biaya ratusan ribu dolarPeripheralsPeripheral adalah nama generik untuk semua input, output, dan perangkat penyimpanan sekunder yang merupakan bagian dari sistem komputer tetapi bukan bagian dari CPU- Perangkat online :Terpisah dari CPUTapi secara elektronik terhubung ke dan dikendalikan oleh CPU


- Perangkat Offline :Pisahkan dari dan tidak berada di bawah kendali CPUPeripheral adalah perangkat secara online
Teknologi inputKeyboard: paling banyak digunakanAntarmuka pengguna grafis (GUI)Ikon, menu, jendela, tombol, barDigunakan untuk seleksiPointing Devices

  • Elektronik Tikus
  • Trackball - perangkat Stationary seperti tikus
            Bola Roller digunakan untuk memindahkan kursor di layar.
  • Menunjuk Stick - kepala-perangkat seperti penghapus kecil di keypad
            Memindahkan kursor ke arah tekanan ditempatkan pada tongkat.
  • Touchpad - Kecil persegi permukaan sentuh yang sensitif
            Memindahkan kursor ke arah bergerak jari pada pad
  • Touch Screen - menggunakan komputer dengan menyentuh layar
            -Layar video yang memancarkan sinar inframerah grid, gelombang suara, atau arus listrik kecil            -Grid rusak ketika layar disentuh.Teknologi Input Lainnya
  • Magnetic stripe : Baca strip magnetik pada kartu kredit
  • Smart card : Mikroprosesor chip dan memori pada kartu kredit yang diigunakan lebih sering di Eropa daripada di AS
  • Kamera digital
  • Magnetic Ink Character Recognition (MICR) : Nomor identifikasi bank dan rekening dicetak dengan tinta magnetik pada bagian bawah cek

Teknologi Output

  • Menampilkan video
  • Tabung sinar katoda (CRT) seperti televisi
  • Layar PC desktop yang paling
  • Liquid crystal display (LCD)
  • Laptop dan PDA, beberapa PC
  • Keluaran dicetak
  • Printer inkjet
  • Semprot tinta pada halaman
  • Printer Laser
  • Proses elektrostatik seperti fotokopi mesin
  • Sistem respon suara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar