Sistem
Pendukung Keputusan
Tingkat Manajemen Pengambilan Keputusan
Manajemen strategis
- Eksekutif mengembangkan tujuan organisasi, strategi, kebijakan, dan tujuan
- Sebagai bagian dari proses perencanaan strategis
Manajemen Taktis
- Manajer dan profesional bisnis dalam tim self-directed
- Mengembangkan rencana jangka pendek dan menengah, jadwal dan anggaran
- Tentukan kebijakan, prosedur dan tujuan bisnis untuk subunit mereka
Manajemen
operasional
- Manajer atau anggota tim self-directed
- Mengembangkan rencana jangka pendek seperti jadwal produksi mingguan
Kualitas Informasi
- Informasi produk yang karakteristik, atribut, atau kualitas membuat nilai informasi yang lebih
- Informasi memiliki 3 dimensi :
- Waktu
- Kadar
- Bentuk
Struktur Keputusan
- Terstruktur - situasi di mana prosedur yang harus diikuti ketika keputusan diperlukan dapat ditentukan di muka
- Unstructured - situasi keputusan di mana tidak mungkin untuk menentukan di muka sebagian besar prosedur keputusan untuk mengikuti
- Semiterstruktur - prosedur pengambilan keputusan yang dapat prespecified, tetapi tidak cukup untuk menghasilkan keputusan yang direkomendasikan pasti
Keputusan Tren Dukungan
- Personalized analisis keputusan proaktif
- Aplikasi Web-Based
- Keputusan di tingkat bawah manajemen dan dengan tim dan individu
- Aplikasi bisnis intelijen
Sistem Pendukung Keputusan
- DSS
- Memberikan dukungan informasi interaktif untuk manajer dan profesional bisnis selama proses pengambilan keputusan
- Gunakan :
- Model analitis
- Database khusus
- Wawasan dan penilaian Seorang pembuat keputusan sendiri
- Pemodelan berbasis komputer interaktif
- Untuk mendukung keputusan bisnis semiterstruktur
Model dasar DSS
Model dasar
- Sebuah komponen perangkat lunak yang terdiri dari model yang digunakan dalam rutinitas komputasi dan analisis yang matematis mengungkapkan hubungan antar variabel
Contoh:
- Model pemrograman linier,
- Beberapa model peramalan regresi
- Penganggaran model present value Modal
Sistem Informasi Manajemen
- MIS
- Menghasilkan produk informasi yang mendukung banyak hari-hari pengambilan keputusan kebutuhan manajer dan profesional bisnis
- Laporan prespecified, menampilkan dan tanggapan
- Mendukung keputusan yang lebih terstruktur
MIS Pelaporan Alternatif
Laporan Terjadwal Berkala
- Format prespecified secara teratur
Laporan Exception
- Laporan tentang kondisi luar biasa
- Dapat diproduksi secara teratur atau bila pengecualian terjadi
Permintaan Laporan dan Tanggapan
- Informasi yang tersedia saat dibutuhkan
- Dorong Pelaporan
- Informasi mendorong kepada manajer
Online Analytical Processing
OLAP
- Memungkinkan mangers dan analis untuk memeriksa dan memanipulasi sejumlah besar data rinci dan konsolidasi dari berbagai perspektif
- Dilakukan secara interaktif secara real time dengan respon yang cepat
OLAP Analytical Operasi
Konsolidasi
- Agregasi data
Drill-down
- Menampilkan data detail yang berisi gabungan data
Mengiris dan
dicing
- Kemampuan untuk melihat database dari sudut pandang yang berbeda
Sistem Informasi Geografis
GIS
- DSS yang menggunakan database geografis untuk membangun dan menampilkan peta dan grafis lainnya menampilkan
- Bahwa keputusan dukungan mempengaruhi distribusi geografis orang dan sumber daya lain
- Sering digunakan dengan Sistem Posisi Global (GPS) perangkat
Visualisasi Data Systems
DVS
- DSS yang mewakili data yang kompleks dengan menggunakan bentuk grafis tiga dimensi interaktif seperti tabel, grafik, dan peta
- Alat DVS membantu pengguna untuk menyortir interaktif, membagi, menggabungkan, dan mengatur data sementara itu dalam bentuk grafis.
Menggunakan DSS
What-if Analisis
- Pengguna akhir membuat perubahan variabel, atau hubungan antar variabel, dan mengamati hasil perubahan nilai variabel lain
Analisis Sensitivitas
- Nilai hanya satu variabel berubah berulang kali dan menghasilkan perubahan dalam variabel lain diamati
Gol-Mencari
- Menetapkan target nilai variabel dan kemudian berulang kali mengubah variabel lain sampai nilai target tercapai
- Bagaimana analisis
Optimasi
- Tujuannya adalah untuk menemukan nilai optimum untuk satu atau lebih variabel target yang diberikan kendala tertentu
- Satu atau lebih variabel lain berubah berulang kali sampai nilai-nilai terbaik untuk variabel sasaran ditemukan
Data Mining
- Tujuan utama adalah untuk memberikan dukungan keputusan untuk manajer dan profesional bisnis melalui penemuan pengetahuan
- Menganalisa luas menyimpan data bisnis sejarah
- Mencoba untuk menemukan pola, tren, dan korelasi tersembunyi dalam data yang dapat membantu sebuah perusahaan meningkatkan kinerja bisnisnya
- Gunakan regresi, pohon keputusan, jaringan saraf, analisis cluster, atau analisis keranjang pasar
Market Basket Analysis
- Salah satu yang paling umum untuk data mining pemasaran
- Tujuannya adalah untuk menentukan apa yang pelanggan produk membeli bersama-sama dengan produk lain
Sistem Informasi Eksekutif
EIS
- Menggabungkan banyak fitur dari MIS dan DSS
- Memberikan para eksekutif puncak dengan akses langsung dan mudah ke informasi
- Tentang faktor-faktor yang sangat penting untuk mencapai tujuan strategis organisasi (faktor keberhasilan kritis)
- Begitu populer, diperluas untuk manajer, analis, dan pekerja pengetahuan lainnya
Fitur EIS
Informasi yang disajikan dalam bentuk disesuaikan dengan preferensi eksekutif menggunakan sistem
- Customizable antarmuka pengguna grafis
- Pelaporan Exception
- Analisis trend
- Menelusuri kemampuan
Perusahaan Antarmuka Portal
EIP
- Antarmuka berbasis web
- Integrasi MIS, DSS, EIS, dan teknologi lainnya
- Memberikan semua pengguna intranet dan extranet akses pengguna yang dipilih
- Untuk berbagai aplikasi dan layanan bisnis internal dan eksternal
Biasanya disesuaikan dengan pengguna
memberi mereka dashboard digital pribadi
Sistem Manajemen Pengetahuan
Sistem Manajemen Pengetahuan
- Penggunaan teknologi informasi untuk membantu mengumpulkan, mengatur, dan membagi pengetahuan bisnis dalam suatu organisasi
- Perusahaan Knowledge Portal
EIPs yang masuk ke intranet perusahaan yang berfungsi sebagai sistem manajemen pengetahuan
Artificial Intelligence (AI)
- Sebuah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, linguistik, matematika, dan teknik
- Tujuannya adalah untuk mengembangkan komputer yang dapat mensimulasikan kemampuan berpikir, serta melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan
Atribut Perilaku Cerdas
- Berpikir dan bernalar
- Gunakan alasan untuk memecahkan masalah
- Belajar atau mengerti dari pengalaman
- Memperoleh dan menerapkan pengetahuan
- Kreativitas dan imajinasi pameran
- Menghadapi situasi yang kompleks atau membingungkan
- Merespon dengan cepat dan berhasil dengan situasi baru
- Mengenali pentingnya relatif unsur-unsur dalam situasi
- Menangani ambigu, informasi yang tidak lengkap, atau salah
Cognitive Science
- Berbasis di biologi, neurologi, psikologi, dll
- Berfokus pada penelitian bagaimana otak manusia bekerja dan bagaimana manusia berpikir dan belajar
Robotika
- Berbasis di AI, teknik dan fisiologi
- Mesin robot dengan kecerdasan komputer dan terkendali, kemampuan mirip manusia fisik komputer
Antarmuka Alam
- Berbasis di linguistik, psikologi, ilmu komputer, dll
- Termasuk bahasa alami dan pengenalan suara
- Pengembangan perangkat multiindrawi yang menggunakan berbagai gerakan tubuh untuk mengoperasikan komputer
- Virtual reality
Menggunakan antarmuka manusia-komputer multiindrawi yang memungkinkan pengguna manusia untuk mengalami objek simulasi komputer, ruang dan "dunia" seolah-olah mereka benar-benar ada
Sistem Pakar Komponen
Basis Pengetahuan
- Fakta-fakta tentang bidang subjek tertentu
- Heuristik yang mengungkapkan prosedur penalaran seorang ahli (aturan praktis)
Sumber Daya Perangkat Lunak
- Mesin inferensi proses pengetahuan dan membuat kesimpulan untuk membuat merekomendasikan tindakan
- Program antarmuka pengguna untuk berkomunikasi dengan end user
- Penjelasan program untuk menjelaskan proses penalaran ke end user
Metode Representasi Pengetahuan
Kasus Berbasis - pengetahuan terorganisir dalam bentuk kasus
- Kasus: contoh kinerja masa lalu, kejadian dan pengalaman
Frame-Based - pengetahuan
diatur dalam hierarki atau jaringan frame
- Bingkai: entitas yang terdiri dari paket kompleks nilai data
Obyek Berbasis -
pengetahuan terorganisir dalam jaringan benda
- Obyek: elemen data dan metode atau proses yang bekerja pada data tersebut
Rule-Based
- pengetahuan direpresentasikan dalam aturan dan pernyataan
fakta
- Aturan: pernyataan yang biasanya berbentuk premis dan kesimpulan
- Seperti, Jika (kondisi) maka (kesimpulan)
Sistem Pakar Manfaat
- Lebih cepat dan lebih konsisten daripada ahli
- Dapat memiliki pengetahuan dari beberapa ahli
- Tidak lelah atau terganggu oleh terlalu banyak pekerjaan atau stres
- Membantu melestarikan dan mereproduksi pengetahuan para ahli
Keterbatasan Sistem Pakar
- Fokus Terbatas
- Ketidakmampuan untuk belajar
- Masalah perawatan
- Biaya Pembangunan
- Hanya dapat memecahkan jenis tertentu masalah dalam domain yang terbatas pengetahuan
Kriteria kesesuaian untuk Sistem Pakar
- Domain: area subyek yang relatif kecil dan terbatas pada daerah yang terdefinisi dengan baik
- Keahlian: solusi memerlukan upaya ahli
- Kompleksitas: solusi dari masalah adalah tugas kompleks yang membutuhkan proses inferensi logis (tidak mungkin dalam pengolahan informasi konvensional)
- Struktur: Proses solusi harus mampu mengatasi dengan sakit-terstruktur, tidak pasti, hilang dan data yang bertentangan
- Ketersediaan: ahli ada yang mengartikulasikan dan koperasi
Pengembangan Alat
Sistem Pakar Shell
- Paket perangkat lunak yang terdiri dari sistem pakar tanpa basis pengetahuan
- Memiliki mesin inferensi dan program antarmuka pengguna
Pengetahuan Insinyur
- Seorang profesional yang bekerja dengan para ahli untuk menangkap pengetahuan yang mereka miliki
- Membangun basis pengetahuan menggunakan iteratif, proses prototyping
Neural Networks
- Sistem komputasi model setelah mesh seperti jaringan otak elemen pemrosesan saling berhubungan, yang disebut neuron
- Rehabilitasi prosesor beroperasi secara paralel dan saling berinteraksi
- Memungkinkan jaringan untuk belajar dari data itu proses
Fuzzy Logic
- Metode penalaran yang menyerupai penalaran manusia
- Memungkinkan untuk nilai perkiraan dan kesimpulan dan data yang tidak lengkap atau ambigu bukan mengandalkan hanya pada data renyah
- Menggunakan istilah-istilah seperti "sangat tinggi" daripada langkah-langkah yang tepat
Algoritma Genetik
Software yang menggunakan
- Darwin (survival of the fittest), mengacak, dan fungsi-fungsi matematika
- Untuk mensimulasikan proses evolusi yang dapat menghasilkan solusi semakin lebih baik untuk masalah
Virtual Reality (VR)
- Realitas simulasi komputer
- Bergantung pada perangkat input / output multiindrawi seperti
- headset pelacakan dengan kacamata video dan earphone stereo,
- sarung tangan data atau jumpsuit dengan sensor serat optik yang melacak gerakan tubuh Anda, dan
- walker yang memantau pergerakan kaki Anda
Agen Cerdas
- Sebuah pengganti perangkat lunak untuk pengguna akhir atau proses yang memenuhi kebutuhan atau kegiatan dinyatakan
- Menggunakan dan belajar basis pengetahuan built-in nya
- Untuk membuat keputusan dan menyelesaikan tugas-tugas dengan cara yang memenuhi niat pengguna
- Juga disebut robot perangkat lunak atau bot
User Interface Agen
- Antarmuka Tutor - mengamati operasi komputer pengguna, kesalahan pengguna yang benar, dan memberikan petunjuk dan saran tentang penggunaan perangkat lunak yang efisien
- Presentasi - menampilkan informasi dalam berbagai bentuk dan media berdasarkan preferensi pengguna
- Jaringan Navigasi - menemukan jalan untuk informasi dan menyediakan cara untuk melihat informasi berdasarkan preferensi pengguna
- Peran-Playing - bermain what-if game dan peran lainnya untuk membantu pengguna memahami informasi dan membuat keputusan yang lebih baik
Agen Manajemen Informasi
- Cari Agen - membantu pengguna menemukan file dan database, mencari informasi yang diinginkan, dan menyarankan dan menemukan jenis baru produk informasi, media, dan sumber daya
- Broker Informasi - menyediakan layanan komersial untuk menemukan dan mengembangkan sumber-sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau pribadi pengguna
- Informasi Filter - menerima, mencari, menyaring, membuang, menyimpan, maju, dan memberitahu pengguna tentang produk diterima atau diinginkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar