Sabtu, 15 Juni 2013

pertemuan ke 9

Sistem Pendukung Keputusan

Tingkat Manajemen Pengambilan Keputusan

Manajemen strategis
  • Eksekutif mengembangkan tujuan organisasi, strategi, kebijakan, dan tujuan
  • Sebagai bagian dari proses perencanaan strategis
Manajemen Taktis
  • Manajer dan profesional bisnis dalam tim self-directed
  • Mengembangkan rencana jangka pendek dan menengah, jadwal dan anggaran
  • Tentukan kebijakan, prosedur dan tujuan bisnis untuk subunit mereka
Manajemen operasional
  • Manajer atau anggota tim self-directed
  • Mengembangkan rencana jangka pendek seperti jadwal produksi mingguan

Kualitas Informasi
  • Informasi produk yang karakteristik, atribut, atau kualitas membuat nilai informasi yang lebih
  • Informasi memiliki 3 dimensi :
  1. Waktu
  2. Kadar
  3. Bentuk

Struktur Keputusan
  • Terstruktur - situasi di mana prosedur yang harus diikuti ketika keputusan diperlukan dapat ditentukan di muka
  • Unstructured - situasi keputusan di mana tidak mungkin untuk menentukan di muka sebagian besar prosedur keputusan untuk mengikuti
  • Semiterstruktur - prosedur pengambilan keputusan yang dapat prespecified, tetapi tidak cukup untuk menghasilkan keputusan yang direkomendasikan pasti

Keputusan Tren Dukungan
  • Personalized analisis keputusan proaktif
  • Aplikasi Web-Based
  • Keputusan di tingkat bawah manajemen dan dengan tim dan individu
  • Aplikasi bisnis intelijen

Sistem Pendukung Keputusan
  • DSS
  • Memberikan dukungan informasi interaktif untuk manajer dan profesional bisnis selama proses pengambilan keputusan
  • Gunakan :
  1. Model analitis
  2. Database khusus
  3. Wawasan dan penilaian Seorang pembuat keputusan sendiri
  4. Pemodelan berbasis komputer interaktif
  • Untuk mendukung keputusan bisnis semiterstruktur

Model dasar DSS

Model dasar
  • Sebuah komponen perangkat lunak yang terdiri dari model yang digunakan dalam rutinitas komputasi dan analisis yang matematis mengungkapkan hubungan antar variabel
Contoh:
  • Model pemrograman linier,
  • Beberapa model peramalan regresi
  • Penganggaran model present value Modal

Sistem Informasi Manajemen
  • MIS
  • Menghasilkan produk informasi yang mendukung banyak hari-hari pengambilan keputusan kebutuhan manajer dan profesional bisnis
  • Laporan prespecified, menampilkan dan tanggapan
  • Mendukung keputusan yang lebih terstruktur

MIS Pelaporan Alternatif

Laporan Terjadwal Berkala
  • Format prespecified secara teratur
Laporan Exception
  • Laporan tentang kondisi luar biasa
  • Dapat diproduksi secara teratur atau bila pengecualian terjadi
Permintaan Laporan dan Tanggapan
  • Informasi yang tersedia saat dibutuhkan
  • Dorong Pelaporan
  • Informasi mendorong kepada manajer

Online Analytical Processing

OLAP
  • Memungkinkan mangers dan analis untuk memeriksa dan memanipulasi sejumlah besar data rinci dan konsolidasi dari berbagai perspektif
  • Dilakukan secara interaktif secara real time dengan respon yang cepat

OLAP Analytical Operasi

Konsolidasi
  • Agregasi data
Drill-down
  • Menampilkan data detail yang berisi gabungan data
Mengiris dan dicing
  • Kemampuan untuk melihat database dari sudut pandang yang berbeda

Sistem Informasi Geografis

GIS
  • DSS yang menggunakan database geografis untuk membangun dan menampilkan peta dan grafis lainnya menampilkan
  • Bahwa keputusan dukungan mempengaruhi distribusi geografis orang dan sumber daya lain
  • Sering digunakan dengan Sistem Posisi Global (GPS) perangkat

Visualisasi Data Systems

DVS
  • DSS yang mewakili data yang kompleks dengan menggunakan bentuk grafis tiga dimensi interaktif seperti tabel, grafik, dan peta
  • Alat DVS membantu pengguna untuk menyortir interaktif, membagi, menggabungkan, dan mengatur data sementara itu dalam bentuk grafis.

Menggunakan DSS

What-if Analisis
  • Pengguna akhir membuat perubahan variabel, atau hubungan antar variabel, dan mengamati hasil perubahan nilai variabel lain
Analisis Sensitivitas
  • Nilai hanya satu variabel berubah berulang kali dan menghasilkan perubahan dalam variabel lain diamati
Gol-Mencari
  • Menetapkan target nilai variabel dan kemudian berulang kali mengubah variabel lain sampai nilai target tercapai
  • Bagaimana analisis
Optimasi
  • Tujuannya adalah untuk menemukan nilai optimum untuk satu atau lebih variabel target yang diberikan kendala tertentu
  • Satu atau lebih variabel lain berubah berulang kali sampai nilai-nilai terbaik untuk variabel sasaran ditemukan

Data Mining
  • Tujuan utama adalah untuk memberikan dukungan keputusan untuk manajer dan profesional bisnis melalui penemuan pengetahuan
  • Menganalisa luas menyimpan data bisnis sejarah
  • Mencoba untuk menemukan pola, tren, dan korelasi tersembunyi dalam data yang dapat membantu sebuah perusahaan meningkatkan kinerja bisnisnya
  • Gunakan regresi, pohon keputusan, jaringan saraf, analisis cluster, atau analisis keranjang pasar

Market Basket Analysis
  • Salah satu yang paling umum untuk data mining pemasaran
  • Tujuannya adalah untuk menentukan apa yang pelanggan produk membeli bersama-sama dengan produk lain

Sistem Informasi Eksekutif

EIS
  • Menggabungkan banyak fitur dari MIS dan DSS
  • Memberikan para eksekutif puncak dengan akses langsung dan mudah ke informasi
  • Tentang faktor-faktor yang sangat penting untuk mencapai tujuan strategis organisasi (faktor keberhasilan kritis)
  • Begitu populer, diperluas untuk manajer, analis, dan pekerja pengetahuan lainnya

Fitur EIS

Informasi yang disajikan dalam bentuk disesuaikan dengan preferensi eksekutif menggunakan sistem
  • Customizable antarmuka pengguna grafis
  • Pelaporan Exception
  • Analisis trend
  • Menelusuri kemampuan

Perusahaan Antarmuka Portal

EIP
  • Antarmuka berbasis web
  • Integrasi MIS, DSS, EIS, dan teknologi lainnya
  • Memberikan semua pengguna intranet dan extranet akses pengguna yang dipilih
  • Untuk berbagai aplikasi dan layanan bisnis internal dan eksternal
Biasanya disesuaikan dengan pengguna memberi mereka dashboard digital pribadi

Sistem Manajemen Pengetahuan
  • Penggunaan teknologi informasi untuk membantu mengumpulkan, mengatur, dan membagi pengetahuan bisnis dalam suatu organisasi
  • Perusahaan Knowledge Portal
   EIPs yang masuk ke intranet perusahaan yang berfungsi sebagai sistem manajemen pengetahuan

Artificial Intelligence (AI)
  • Sebuah bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, linguistik, matematika, dan teknik
  • Tujuannya adalah untuk mengembangkan komputer yang dapat mensimulasikan kemampuan berpikir, serta melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan

Atribut Perilaku Cerdas
  • Berpikir dan bernalar
  • Gunakan alasan untuk memecahkan masalah
  • Belajar atau mengerti dari pengalaman
  • Memperoleh dan menerapkan pengetahuan
  • Kreativitas dan imajinasi pameran
  • Menghadapi situasi yang kompleks atau membingungkan
  • Merespon dengan cepat dan berhasil dengan situasi baru
  • Mengenali pentingnya relatif unsur-unsur dalam situasi
  • Menangani ambigu, informasi yang tidak lengkap, atau salah

Cognitive Science
  • Berbasis di biologi, neurologi, psikologi, dll
  • Berfokus pada penelitian bagaimana otak manusia bekerja dan bagaimana manusia berpikir dan belajar

Robotika
  • Berbasis di AI, teknik dan fisiologi
  • Mesin robot dengan kecerdasan komputer dan terkendali, kemampuan mirip manusia fisik komputer

Antarmuka Alam
  • Berbasis di linguistik, psikologi, ilmu komputer, dll
  • Termasuk bahasa alami dan pengenalan suara
  • Pengembangan perangkat multiindrawi yang menggunakan berbagai gerakan tubuh untuk mengoperasikan komputer
  • Virtual reality
   Menggunakan antarmuka manusia-komputer multiindrawi yang memungkinkan pengguna manusia untuk mengalami objek simulasi komputer, ruang dan "dunia" seolah-olah mereka benar-benar ada

Sistem Pakar Komponen

Basis Pengetahuan
  • Fakta-fakta tentang bidang subjek tertentu
  • Heuristik yang mengungkapkan prosedur penalaran seorang ahli (aturan praktis)
Sumber Daya Perangkat Lunak
  • Mesin inferensi proses pengetahuan dan membuat kesimpulan untuk membuat merekomendasikan tindakan
  • Program antarmuka pengguna untuk berkomunikasi dengan end user
  • Penjelasan program untuk menjelaskan proses penalaran ke end user

Metode Representasi Pengetahuan

Kasus Berbasis - pengetahuan terorganisir dalam bentuk kasus
  • Kasus: contoh kinerja masa lalu, kejadian dan pengalaman
Frame-Based - pengetahuan diatur dalam hierarki atau jaringan frame
  • Bingkai: entitas yang terdiri dari paket kompleks nilai data
Obyek Berbasis - pengetahuan terorganisir dalam jaringan benda
  • Obyek: elemen data dan metode atau proses yang bekerja pada data tersebut
Rule-Based - pengetahuan direpresentasikan dalam aturan dan pernyataan fakta
  • Aturan: pernyataan yang biasanya berbentuk premis dan kesimpulan
  • Seperti, Jika (kondisi) maka (kesimpulan)

Sistem Pakar Manfaat
  • Lebih cepat dan lebih konsisten daripada ahli
  • Dapat memiliki pengetahuan dari beberapa ahli
  • Tidak lelah atau terganggu oleh terlalu banyak pekerjaan atau stres
  • Membantu melestarikan dan mereproduksi pengetahuan para ahli

Keterbatasan Sistem Pakar
  • Fokus Terbatas
  • Ketidakmampuan untuk belajar
  • Masalah perawatan
  • Biaya Pembangunan
  • Hanya dapat memecahkan jenis tertentu masalah dalam domain yang terbatas pengetahuan

Kriteria kesesuaian untuk Sistem Pakar
  • Domain: area subyek yang relatif kecil dan terbatas pada daerah yang terdefinisi dengan baik
  • Keahlian: solusi memerlukan upaya ahli
  • Kompleksitas: solusi dari masalah adalah tugas kompleks yang membutuhkan proses inferensi logis (tidak mungkin dalam pengolahan informasi konvensional)
  • Struktur: Proses solusi harus mampu mengatasi dengan sakit-terstruktur, tidak pasti, hilang dan data yang bertentangan
  • Ketersediaan: ahli ada yang mengartikulasikan dan koperasi

Pengembangan Alat

Sistem Pakar Shell
  • Paket perangkat lunak yang terdiri dari sistem pakar tanpa basis pengetahuan
  • Memiliki mesin inferensi dan program antarmuka pengguna

Pengetahuan Insinyur
  • Seorang profesional yang bekerja dengan para ahli untuk menangkap pengetahuan yang mereka miliki
  • Membangun basis pengetahuan menggunakan iteratif, proses prototyping

Neural Networks
  • Sistem komputasi model setelah mesh seperti jaringan otak elemen pemrosesan saling berhubungan, yang disebut neuron
  • Rehabilitasi prosesor beroperasi secara paralel dan saling berinteraksi
  • Memungkinkan jaringan untuk belajar dari data itu proses

Fuzzy Logic
  • Metode penalaran yang menyerupai penalaran manusia
  • Memungkinkan untuk nilai perkiraan dan kesimpulan dan data yang tidak lengkap atau ambigu bukan mengandalkan hanya pada data renyah
  • Menggunakan istilah-istilah seperti "sangat tinggi" daripada langkah-langkah yang tepat

Algoritma Genetik
 

Software yang menggunakan
  1. Darwin (survival of the fittest), mengacak, dan fungsi-fungsi matematika
  2. Untuk mensimulasikan proses evolusi yang dapat menghasilkan solusi semakin lebih baik untuk masalah

Virtual Reality (VR)
  • Realitas simulasi komputer
  • Bergantung pada perangkat input / output multiindrawi seperti
  1. headset pelacakan dengan kacamata video dan earphone stereo,
  2. sarung tangan data atau jumpsuit dengan sensor serat optik yang melacak gerakan tubuh Anda, dan
  3. walker yang memantau pergerakan kaki Anda

Agen Cerdas
  • Sebuah pengganti perangkat lunak untuk pengguna akhir atau proses yang memenuhi kebutuhan atau kegiatan dinyatakan
  • Menggunakan dan belajar basis pengetahuan built-in nya
  • Untuk membuat keputusan dan menyelesaikan tugas-tugas dengan cara yang memenuhi niat pengguna
  • Juga disebut robot perangkat lunak atau bot

User Interface Agen
  • Antarmuka Tutor - mengamati operasi komputer pengguna, kesalahan pengguna yang benar, dan memberikan petunjuk dan saran tentang penggunaan perangkat lunak yang efisien
  • Presentasi - menampilkan informasi dalam berbagai bentuk dan media berdasarkan preferensi pengguna
  • Jaringan Navigasi - menemukan jalan untuk informasi dan menyediakan cara untuk melihat informasi berdasarkan preferensi pengguna
  • Peran-Playing - bermain what-if game dan peran lainnya untuk membantu pengguna memahami informasi dan membuat keputusan yang lebih baik

Agen Manajemen Informasi
  • Cari Agen - membantu pengguna menemukan file dan database, mencari informasi yang diinginkan, dan menyarankan dan menemukan jenis baru produk informasi, media, dan sumber daya
  • Broker Informasi - menyediakan layanan komersial untuk menemukan dan mengembangkan sumber-sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau pribadi pengguna
  • Informasi Filter - menerima, mencari, menyaring, membuang, menyimpan, maju, dan memberitahu pengguna tentang produk diterima atau diinginkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar