Kamis, 13 Juni 2013

Membuat Database Persewaan Buku

        Dalam membuat database saya menggunakan SQL Enterprise dan didukung oleh XAMPP untuk menjalankan nya.
        Pertama kita install XAMPP dan SQL  Enterprise, setelah tiu buka XAMPP terlebih dahulu
















Gambar 1. Tampilan XAMPP 
















Gambar 2. Tampilan ketika diklik start padaMysql

Setelah itu buka SQL Enterprise nya,















Gambar 3. Tampilan SQL Enterprise

Klik tombol Connect dan kemudian akan muncul tampilan seperti ini :




















a.       Cara Membuat database
Database yang akan saya buat ini saya beri nama” penyewaan buku”, dengan nama – nama tabel sebagai berikut: 
1.      Buku
2.      Jenis
3.      Karyawan
4.      Penyewa
Untuk membuat databasenya pilih @localhost klik kanan dan pilih Create Database.
 
  

Kemudian kita akan membuat nama databasenya
 

b.      Cara Membuat Tabel

Kali ini saya mencontohkan database dengan nama penyewaan buku. Lalu klik tombol create untuk melanjutkan pembuatan tabel.

1.      Tabel buku
 
 c.       Cara Mengisikan Data Pada Tabel Buku
 
Setelah itu kita akan mengisikan data pada tabelnya dengan mengetikkan code:
 
 Dan ketika di run maka tabel akan terisi seperti ini:
 
 2.      Tabel Jenis

Kemudian kita akan buat tabel lagi seperti langkah membuat tabel pertama tadi yang ini kita beri nama “jenis”.  Dengan format tabel berikut:
 
 Setelah itu kita akan mengisikan data pada tabel “jenis” yang telah dibuat  dengan mengetikkan code seperti berikut:

Sehingga ketika di run maka tabel akan terisi seperti berikut:
 
 3.      Tabel Karyawan

Kemudian kita lanjutkan untuk membuat tabel karyawan dengan format sebagai berikut:
 
 Setelah tabel karyawan sudah jadi kita akan mengisinya dengan data – data sebagai berikut:


Sehingga ketika di run tabel akan terisi sebagai berikut:
 

4.      Tabel Penyewa
Dalam tabel ini nantinya berisi kolom – kolom yang saya beri nama kode penyewa , nama penyewa, dan jumlah buku. Format tabelnya sebagai berikut:
 
 
 Setelah tabel sudah jadi sekarang waktunya mengisikan tabel tersebut dengan data – data sebagai berikut:
 


 Ketika di run maka tabel akan terisi sebagai berikut:
 
Sekian postingan saya mengenai database, semoga bermanfaat dan saya memohon maaf jika di dalam tulisan saya banyak terdapat kesalahan seperti kata pepatah "Tak ada gading yang tak retak".
Terima kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar